Mengaggumkan! Desa Terindah di Dunia Ada di Sumatera Barat

Nagari Tuo Pariangan. (Facebook/Ranah Minang) ----

PADANG-KEPSYENIN, Medio 2012, salah satu desa di Sumatera Barat atau dalam bahasa Minangkabau dikenal dengan sebutan nagari dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia. 

Desa tersebut bernama Nagari Pariangan. Nagari Pariangan atau Nagari Tuo Pariangan  berada di Kabupaten Tanah Datar.Lokasinua berada tepat di lereng Gunung Marapi yang statusnya masih aktif.

Gelar desa terindah ini diberikan oleh majalah Budget Travel dengan judul World’s 16 Most Picturesque Villages pada tanggal 23 Februari 2012. Sebuah majalah pariwisata internasional terbitan New York, Amerika Serikat. 

Datang di desa ini, pengunjung akan disuguhi panorama alam berupa sawah menghijau yang akan membuat mata siapapun yang melihatnya akan terpesona. 

Jalannya yang berkelok-kelok akan membuat perjalanan semakin mengasikkan. Nagari Pariangan dapat ditempuh sekitar tiga jam dari Padang, Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat. 

Lokasi ini berjarak sekitar 14 km dari Kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar.

Dikutip dari GNFI.com, dalam catatan sejarah yang terekam dalam tambo Minang menunjukkan bahwa Nagari Pariangan adalah nagari asal suku Minangkabau yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai “Tampuk Tangkai Alam Minangkabau”.

Dalam artian nagari ini dipercaya sebagai tempat pertama munculnya kehidupan di alam Minangkabau ratusan tahun silam.

Dalam tambo diceritakan, bahwa masyarakat Minangkabau merupakan keturunan Alexander Agung. 

Kabarnya, beliau memiliki tiga orang putra, yaitu Sultan Maharaja Dipang (Sutan Maharajo Dipang), Sultan Maharaja Alif (Sutan Maharjo Alif), dan Sultan Maharaja Diraja (Sutan Maharajo Dirajo).

Perkampungan di lereng Gunung Marapi nan sejuk ini mampu bersanding dengan keindahan Desa Wengen dari Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, serta Desa Cesky Krumlov dari Republik Ceko.


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post